Cara Mencegah Masuk Angin

Cara mencegah masuk angin yang dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang menurun karena kelelahan sehabis bekerja terlalu keras, kurang tidur, terlambat makan atau kedinginan karena kehujanan. Bisa juga karena makanan tertentu, seperti ubi dan kubis, makanan tidak terurai secara benar di dalam usus. Sisa makanan ini kemudian meragi dan mengeluarkan gas.

Cara Mencegah Masuk Angin

Cara Mencegah Masuk Angin

Pada umumnya, penyakit ini bisa sembuh tanpa perlu obat. Istirahat dan makan yang cukup, serta hindari terpapar angin secara berlebih dalam waktu yang lama. Mengoleskan minyak kayu putih pada perut dan punggung bisa membantu menghangatkan tubuh.

Di samping itu, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah masuk angin :

1. Lakukan olahraga secara rutin, Kenakan jaket atau baju hangat setelah berolahraga, apalagi jika masih berkeringat dan terpapar angin, seperti saat naik kendaraan roda dua. Makan tepat waktu, jangan ditunda-tunda atau terlalu lama membiarkan perut dalam keadaan kosong.

2. Cara mencegah masuk angin dengan menggunakan waktu istirahat atau waktu tidur semaksimal mungkin agar kebugaran tubuh dapat terjaga.

3. Usahakan untuk tidak berlama-lama berada di tempat yang terkena hembusan angin langsung seperti di depan kipas angin, pendingin ruangan atau di dekat jendela mobil yang terbuka.Jangan membiarkan tubuh basah terkena air untuk waktu yang lama. Gunakan lah payung atau jas hujan pada saat hujan.

4. Hindari untuk terlalu sering mengkonsumsi minuman dingin atau es. Selain itu, es yang dijual di warung-warung, terutama di pedagang kaki lima biasanya kurang terjaga kebersihan dagangannya. Bahkan banyak yang terbuat dari air mentah, ada yang gelas tempat es tersebut tidak dicuci bersih, dan sebagainya. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mengkonsumsi es yang dibuat sendiri di rumah.

5. Mengkonsumsi vitamin C yang berguna untuk menambah daya tahan tubuh yang anda konsumsi saat anda merasakan gejala masuk angin seperti perut kembung dan sakit di langit-langit mulut saat menelan sesuatu. Vitamin C dapat anda dapatkan dari berbagai bahan makanan, terutama pada cabai dan jeruk. Vitamin C yang alami jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jenis vitamin C buatan yang anda dapatkan dari apotik. Anda juga dapat meminum minuman yang dijual secara botolan untuk penambahan vitamin C.

Selain anda mengetahui cara mencegah masuk angin, anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mengobati masuk angin itu sendiri antara lain:

1. Mengkonsumsi langsung kencur yang sudah dikupas dan siberdihkan dengan sedikit tambahan garam.

2. Campurkan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dengan satu sendok madu dan sedikit gula batu. Aduk campuran bawang putih tersebut sampai rata kemudian saring dan konsumsi setiap hari hingga masuk angin sembuh.

3. Siapkan 25 gram temulawak, 15 gram jahe, 80 gram daun lidah buaya, 20 gram kencur, serta 500 cc air. Rebus semua bahan setelah dibersihkan hingga mendidih. Biarkan sampai airnya menjadi setengahnya. Minum air rebusan 2 kali dalan sehari saat kondisi masih hangat.

4. Minum rebusan dengan bahan satu potong gula kelapa, cabe merah satu butir, buah asam tiga biji, daun jambu biji yang masih muda sepuluh lembar, sedikit garam dan air putih satu liter. Rebus hingga mendidih kemudian saring dan minum sehari dua kali.

5. Dengan rebusan daun pepaya adalah cara mencegah masuk angin. rebus 2 lembar daun pepaya yang sudah dicuci bersih dengan air putih 200 cc. Kemudian minum rebusan itu 2 kali sehari secara teratur dan rutin selagi masih hangat sampai anda sembuh.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Masuk Angin Untuk Mengatasi Masuk Angin, Melancarkan Peredaran Darah dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Masuk Angin and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>