Masuk Angin Dan Kerokan

Masuk angin dan kerokan biasanya terjadi karena kondisi tubuh sedang menurun akibat kurang tidur, terlambat makan, kena angin, atau AC yang terlalu dingin dan lelah setelah melakukan perjalanan jauh. Kerokan adalah sebuah terapi untuk penyembuhan penyakit masuk angin dengan metode menggaruk sambil menekan bagian tubuh terutama permukaan kulit punggung menggunakan benda tumpul dan tidak tajam seperti uang logam. Dalam keadaan yang demikian peredaran darah didalam tubuh kurang lancar sehingga badan terasa meriang dan suhu tubuh bagian belakangpun ikut menurun akibat kekurangan energi panas.

Nutrisi tidak disalurkan dengan baik ke seluruh jaringan tubuh, sementara zat sisa makanan tidak dapat dibuang dengan baik, sehingga penderita merasa pegal-pegal, seolah-olah ada angin yang bersarang di rongga tubuh. Lebih menderita lagi kalau penderita tidak bisa mengeluarkan angin alias kentut, perut menjadi kembung. Untuk mengobatinya, metode kerokan dipercaya bisa di menetralisir suhu tubuh.

Kerokan merupakan salah satu jalan alternatif bagi masyarakat Indonesia ketika mereka merasa masuk angin. Kerokan yang sangat populer ini, sebetulnya hanyalah metode penyembuhan dengan meningkatkan pasa pada tubuh, dan bukan mengeluarkan angin lewat pori-pori kulit.

Masuk angin dan kerokan dapat anda hindari dengan mengatur pola makan anda dengan memakan makanan yang bergizi dah memiliki kandungan gula yang cukup untuk tubuh kita, seperti pisang atau apel, serta sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol dll.

Bagi masyarakat awam, memang kerokan sering dipahami sebagai cara untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Padahal angin tidak pernah keluar lewat organ pernapasa, mulut, dan pencernaan. Faktanya memang banyak orang yang merasa ketergantungan dengan kerokan. Ketika meriang, mereka lebih memilih kerokan ketimbangpergi ke dokter. Ternyata kerokan juga memiliki khasiat atau manfaat dan bahaya.

Adapun Khasiat yang Dihasilkan dari Karokan.

Kerokan yang dinilai orang mampu untuk mengusir angin yang masuk ke dalam tubuh kita. Angin yang masuk ke dalam tubuh kita biasanya akan menimbulkan rasa pegal dan nyeri serta bersin-bersin. Masuk angin dan kerokan memiliki keterkaitan yang kuat karena pada saat kita masuk angin dengan kerokan akan dapat mengurangi angin yang ada dalam tubuh anda.

Jika permukaan tubuh atau kulit kita digosok-gosokan dengan tangan atau benda tumpul (koin) dengan cepat, maka suhu panas yang ada dalam tubuh kita akan meningkat, Karena terjadinya peningkatan panas dalam tubuh, maka akan terjadi perlebaran pada pembuluh darah sehingga oksigenasi dalam tubuh menjadi lebih baik karena peredaran darah kembali lancar dan rasa pegal pada tubuh pun akan berkurang. Saat kita mengerok punggung kita dengan menggunakan koin, akan terjadi inflamasi yang bertujuan untuk menetralisir penyebab sakit dan menghilangkan jaringan yang mati.

Bahaya Masuk Angin dan Kerokan
Bahaya kerokan tidak akan langsung terasa dalam tubuh namun apabila anda terlalu sering kerokan akan menimbulkan penyakit yang baru akan terasa dikemudian hari.

Beberapa bahaya yang timbul akibat kerokan antara lain:

  • Munculnya bakteri dan firus saat tubuh kita masuk angin dan kerokan yang membuat pori-pori kulit akan terbuka karena dari gesekan kulit dengan uang logam yang anda gunakan untuk mengerok. Pada saat pori-pori anda membesar akan membuat angin lebih mudah masuk kembali ke dalam tubuh anda dan membawa bakteri dan virus.
  • Masuk angin dan kerokan akan mengakibatkan kontraksi dini yang akan menimbulkan inflamasi. Pada saat tubuh mengalami inflamasi maka anti inflamasi akan mengeluarkan zat cytokines yang merupakan sel yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Zat cytokines akan memicu pelepasan prostagladin yang dapat menyebabkan kontraksi dini pada rahim. Maka dari itu apabila anda sedang mengandung sangat dilarang untuk anda masuk angin dan kerokan yang bisa menimbulkan kontraksi dini akibat zat protagladin.
  • Apabila anda terlalu sering melakukan kerokan anda akan merasa ketagihan dan kebiasaan pada saat masuk angin anda langsung meminta seseorang untuk melakukan terapi kerokan ini. Namun semakin kita sering dikerok maka akan semakin sering pula pori-pori kita melebar dan akan semakin banyak pula bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh kita.

Katika anak anda atau anda mengalami masuk angin dan kerokan alangkah lebih baik untuk anda jika disembuhkan dengan beberapa obat herbal seperti:

  • Dengan menggunakan beberapa bawang merah yang telah dihaluskan dan dicampur dengan minyak telon atau minyak kayu putih yang dapat anda balurkan pada perut anda.
  • Dibandingkan dengan anda masuk angin dan kerokan lebih baik dengan mandi menggunakan rempah-rempah yang sirebus untuk diambil airnya. Rempah-rempah yang dapat anda gunakan seperti kayu secang, cengkeh, daun teh, dan sereh yang direbus dan dicampurkan pada air yang anda gunakan untuk mandi.
  • Dapat juga anda menggunakan daun jarak. cuci dan keringkan daun jarak yang akan anda pakai. Panaskan daun jarak yang sudah kering diatas api yang kecil. Kemudian letakkan pada wadah yang sudah anda siapkan dengan menambahkan sedikit minyak telon dalam wadah. Lumuri daun jarak dengan minyak telon lalu tempelkan pada perut anda saat daun jarak masih panas atau anget.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Masuk Angin Untuk Mengatasi Masuk Angin, Melancarkan Peredaran Darah dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Masuk Angin and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *