Mengobati Masuk Angin

Mengobati masuk angin yang merupakan salah satu jenis penyakit atau gangguan yang hampir dialami oleh semua orang. Namun, penyakit ini sering kurang jelas bagaimana penyebabnya.

Masuk angin dapat terjadi pada siapa saja, penyebab masuk angin mungkin saja karena adanya perbedaan antara suhu udara (ruangan) dan suhu badan.

Penyebab masuk angin yang sering kita alami antara lain:

– Kurang tidur
Kurang tidur yang diakibatkan terlalu banyak pekerjaan yang kita kerjakan dan pulang malam yang membuat waktu beristirahat anda jadi lebih sedikit. Apabila waktu beristirahat anda sedikit stamina dalam tubuh anda akan turun dan dapat mengganggu kekebalan tubuh dan kemampuannya melawan virus penyebab penyakit. Oleh karena itu kita sering mengalami mudah masuk angin apabila tidur terlalu malam atau tidur yang terlalu sebentar. tidurlah yang cukup untuk mengobati masuk angin.

– Sering makan terlambat.
Akibat dari padatnya kegiatan kerja anda membuat anda jadi lupa makan. Padahal kebiasaan anda melewatkan waktu makan akan membuat perut kita menjadi mudah kembung dan menyimpan banyak gas yang tidak kita butuhkan di dalam perut. Sangat dianjurkan kepada kita untuk membiasakan diri untuk makan teratur dan tidak telat makan agar terhindar dari gangguan atau penyakit yang lebih berat lagi.

– Terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

Kini, hampir semua perkantoran dan rumah dilengkapi penyejuk udara atau AC. Agar dinginnya terasa, ruangan dikondisikan selalu tertutup yang ternyata malah bisa membuat kualitas udara di ruangan memburuk sehingga memengaruhi kesehatan tubuh kita. terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Dari yang berat, seperti infeksi pernapasan, hingga yang ringan, seperti sakit kepala. Kebanyakan responden juga mengeluh sering bersin-bersin karena sensitif terhadap sirkulasi udara yang kurang baik.

Suhu udara dingin akan berpengaruh pada badan yang suhunya relatif tinggi (panas). Adanya perbedaan suhu tersebut (udara dingin dan suhuh badan yang panas) akan mengakibatkan pengembunan di dalam badan (bisa tubuh, perut, daging, tulang, kulit, paru-paru dsb). Jika pengembunan itu terjadi pada rongga perut atau dalam saluran pencernaan, orang menyebutnya sebagai masuk angin.

Masuk angin ini kalau tidak tertangani dengan seksama akan mengakibatkan :

– Diare berkepanjangan
– Badan dan semua persendian akan terasa sakit
– Panas tinggi
– Sesak napas
– Mual dan rasa ingin muntah terus

Cara mengobati masuk angin  sederhana yang dapat dilakukan untuk mengobati masuk angin adalah sebagai berikut :

– Pijat pada bagian kaki dan lutut sampai telapak kaki. Celah-celah antara tulang kering dan tulang betis kurang lebih 10 menit kaki kiri dan 10 menit kaki kanan.

– Minum air putih kurang lebih 1 gelas setelah dipijat.

– Kalau pasien masih mampu, pasien perlu berdiri dengan kaki dilipat (pada bagian lutut) kurang lebih selama 10 menit sampai keluar keringat.

– Mengurut atau memijatnya dengan menggunakan minyak kelapa

– Setelah melakukan gerakan berdiri minum lagi air putih panas sebanyak 1 gelas, supaya bisa berkeringat.

– dapat juga dengan dikerok

Kerokan merupakan salah satu cara yang sangat tradisional adalah yang mampu mengobati masuk angin. Kerokan biasanya dilakukan dengan menggosok bagian punggung dengan balsem atau minyak kayu putih, lalu “mengeroknya” dengan menggunakan koin. yang dilakukan sampai seluruh bagian punggung meninggalkan bekas warna kemerahan atau keungun-unguan. 

– saat bepergian malam

Jika anda merupakan orang yang sering bepergian saat malam, juga merupakan salah satu penyebab  penyakit masuk angin yang menyerang anda. Zat yang terkadung pada angin saat malam hari yaitu zat asam arang yang dapat menurunkan daya tahan tubuh anda. Namun jika anda harus menempuh perjalanan di malam hari, terutama di atas motor, pastikan untuk mengenakan jaket yang tebal. Bungkus rapat kepala anda dengan helm, kenakan sepatu, dan bila perlu pakai masker untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.
– Mengkonsumsi Sup Ayam

Saat masuk angin datang, cara yang tepat untuk mengobati masuk angin dengan mengonsumsi sup ayam yang dapat membantu untuk menghangatkan badan anda. Kebanyakan dari orang yang masuk angin juga akan merasa sangat tidak nyaman dan enak saat makan.Oleh kaena itu sop dapat membantu anda untuk mendorong makanan yang sulit ditelan.

– Meminum madundan teh lemon.

Anda dapat menggunakan ramuan madu dan teh lemon untuk membantu anda mengobati masuk angin yang anda rasakan. Madu dan teh lemon memiliki kandungan dan gizi yang bisa mempercepat proses regenerasi dan peremajaan sel dalam tubuh anda. Kandungan yang ada dalam ramuan madu dan teh lemon cukup lengkap. Untuk tek sendiri memiliki kandungan yang anti oksidan yang tinggi yang dapat membunuh zat bakteri asing dalam tubuh. Sementara dapam lemon kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Minum air jahe.
Tumbuk dan rebus jahe dan ambilah airnya yang dipercaya sangat ampuh untuk membuat badan hangat seketika. Biasanya air jahe ini dikonsumsi di negara-negara dingin, terutama untuk orang yang menghindari alkohol atau tidak minum alkohol. Untuk mengurangi rasa pedas dari jahe dan membuatnya lebih enak dapat anda tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya. Untik lebih nikat lagi apabila air jahe ditambah dengan gula secukupnya dan dikonsumsi dengan pisang hangat.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Masuk Angin Untuk Mengatasi Masuk Angin, Melancarkan Peredaran Darah dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Masuk Angin and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *