Penyebab Masuk Angin

Penyebab Masuk Angin – Penyakit yang paling sering menyerang banyak orang adalah masuk angin. Masuk angin merupakan keadaan tubuh seseorang yang tubuh akan merasakan dingin hingga menggigil, karena masuk angin banyak di sebabkan karena cuaca yang dingin. masuk angin tergolong penyakit yang ringan tetapi jika di diamkan akan berbahaya juga untuk tubuh, bahkan ada yang meninggal dikarenakan masuk angin.

Semua kalangan umur bisa terkena masuk angin, dari mulai anak kecil hingga orang dewasa. Masuk angin selain membuat seorang penderita nya mengalami tubuh yang menggigil juga akan sering mengeluarkan gas atau kentut yang cukup sering, karena di saat tubuh sedang di serang masuk angin di perut akan berkumpul banyak gas.

masuk angin

masuk angin

Penyebab Masuk Angin

  • Cuaca dingin

Musim hujan akan membuat suhu udara menurun dan akan terasa dingin, karena juga akan di tambah dengan angin yang bertiup kencang. Dan ketika sedang musim hujan sering berada di luar ruangan tanpa menggunakan pelindung tubuh, seperti hal nya menggunakan baju hangat maka akan mudah untuk terkena masuk angin. Karena tubuh sering terkena udara dingin dengan waktu yang lama bisa menjadi penyebab masuk angin. Selain karena pengaruh cuaca, suhu ruangan yang ber AC pun bisa menjadi penyebab masuk angin. Karena ac juga akan membuat suhu udara lebih dingin.

  • Kurang tidur

Jika setelah tidak tidur semalaman atau begadang maka besok hari nya pasti akan tidak enak badan. Karena kurang tidur juga merupakan penyebab masuk angin. Kurang tidur akan membuat mata dan seluruh tubuh tidak dapat beristirahat dengan baik, dan akhir nya akan mengalami masuk angin. Terlebih jika begadang di luar ruangan, karena angin malam tidak baik untuk kesehatan.

  • Telat makan

Telah makan selain dapat menyebabkan sakit maag juga akan menjadi penyebab masuk angin. Karena telat makan akang membuat tubuh masuk gas lebih banyak sehingga perut akan kembung hingga masuk angin.

  • Kehujanan

Tubuh yang kehujanan hingga seluruh baju basah, akan menjadi penyebab masuk angin lebih cepat dari pada hanya terkena udara dingin. karena baju yang basah karena kehujanan akan menempel pada tubuh hingga pemindahan suhu dingin akan lebih cepat.

  • Perubahan cuaca

Perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau juga bisa menjadi penyebab masuk angin. Karena pada saat perubahan cuaca, suhu udara belum stabil hingga tubuh sulit untuk beradaptasi dengan baik, dan efek nya akan masuk angin.

Gejala Masuk Angin

Gejala awal masuk angin, tubuh akan terasa tidak enak untuk melakukan aktifitas, karena akan terasa dingin walaupun suhu ruangan biasa saja. selain itu juga akan terasa pusing kepala hingga dan tubuh akan terasa hangat tetapi merasakan kedinginan. Ketika tubuh masuk angin maka sistem kekebalan tubuh juga akan menurun dan ketika menurun maka virus flu akan mudah masuk , sehingga masuk angin juga akan dibarengi dengan flu dan juga batuk. Keluar keringat dingin juga termasuk dalam gejala masuk angin hingga tubuh akan terasa lemas hanya ingin berbaring di tempat tidur.dan selain banyak mengeluarkan banyak gas, untuk beberapa orang juga akan kesulitan untuk membuang nya, hingga gas hanya berkumpul di dalam perut hingga merasakan perut kembung.

Cara Mengatasi  Masuk Angin

Agar masuk angin tidak bertambah parah, maka segera atasi dengan cara sebagai berikut :

  • Tidak mengkonsumsi makanan dingin

Ketika sedang tidak enak badan karena masuk angin, maka sebaik nya hindari dulu makan atau minuman yang dingin, karena makanan atau minuman dingin akan membuat tubuh yang masuk angin semakin parah.

  • Makan teratur

Memang jika sedang sakit maka akan kekurangan nafsu makan, tetapi jika ingin segera sembuh dari masuk angin, maka paksakan untuk makan sesuatu hingga tubuh tidak akan merasakan lemas, dan tubuh akan pulih secepat nya. karena tidak nafsu makan, maka makanan yang cocok untuk di makan adalah bubur, karena tidak perlu mengunyah terlalu lama.

  • Menggunakan minyak angin

Minyak angin bisa mengatasi masuk angin jika kondisi nya masih ringan. Minyak angin yang akan memberikan rasa hangat bagus untuk di oleskan ke seluruh perut, hingga perut akan terasa lebih hangat, dan juga minyak angin akan membantu untuk mengeluarkan angin yang berkumpul di perut hingga akan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

  • Menggunakan baju hangat

Karena tubuh akan merasakan kedinginan maka akan lebih baik jika menggunakan baju hangat dan juga selimut untuk mengatasi nya, dan juga sebaik nya tidak menggunakan pendingin ruangan yang akan membuat udara semakin dingin.

  • Minum air jahe

Ketika masuk angin juga akan lebih baik jika mengkonsumsi minuman hangat yang di buat dari jahe. Karena jahe akan membantu untuk menghangatkan tubuh dan juga perut. Setelah minum air jahe seluruh tubuh juga akan merasakan hangat.

  • Istirahat

Walaupun hanya masuk angin, maka sebaik nya tidak melakukan aktifitas normal dulu, karena dengan melakukan aktifitas juga tidak akan maksimal karena keadaan tubuh yang tidak baik. istirahat di rumah akan lebih baik, dan banyak tidur untuk menyembuhkan tubuh dan menghilangkan pusing kepala yang di rasakan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Masuk Angin Untuk Mengatasi Masuk Angin, Melancarkan Peredaran Darah dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Masuk Angin and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.